SHALAT JAMA' DAN QASHAR



 Shalat Jama' dan Qashar

1. Shalat Jama’
Jamak artinya mengumpulkan, yaitu mengerjakan dua waktu shalat yang dilaksanakan pada satu waktu. Jadi Shalat jama’ artinya shalat yang dikumpulkan, yakni mengerjakan dua macam shalat (fardhu pada satu waktu).


Sabda Rasulullah SAW. 

عَنْ مُعَاذٍ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ فِى غَزْ وَةِ تَبُوْكٍ اِذَارْتَحَلَ قَبْلَ اَنْ تَزِيْغَ الشَّمْسُ اَخَّرَ
    الظُّهْرَحَتَّى يَجْمَعُهُمَا ِالَى اْلعَصْرِ يُصَلِّيَّهُمَا جَمِيْعًا
وَاِذَارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى ا لظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيْعًا ثُمَّ سَارَ,
 وَكَانَ اِذَارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ اَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ اْلِعِشَاءِ
  وَاِذَارْ تَحَلَ بَعْـدَ الْمَغْرِ بِ عَجَّلَ الْـعِشـَاءَ فَصَلاَّ هَا مَعَ الْمَغْـرِبِ
 ( رواه احمد وابو داود والترمذى

Artinya: Dari Mua’z bahwasanya Nabi Muhammad SAW. Dalam perang tabuk apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau mengakhirkan shalat dhuhur sehingga beliau kumpulkan pada shalat asar (shalat  dhuhur dan asar pada waktu shalat asar ), jika beliau berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau melaksanakan shalat dhuhur dan asar sekaligus,kemudian beliau berjalan. Jika beliau berangkat sebelum Magrib, beliau mengakhirkan shalat Magrib sehingga beliau mengerjakan shalat magrib beserta Isya, dan jika beliau berangkat  sesudah waktu Magrib, beliau menyegerakan shalat Isya dan beliau shalat Isya  beserta shalat Magrib (HR.Ahmad dan Abu Dawud dab at-Tirmidzi)
 

Berdasarkan Hadits di atas, dibolehkan kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Asha pada waktu Dhuhur atau pada waktu ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib atau waktu ‘Isya’. Dan shalat jama’ itu ada (2) macam, yaitu Jama’ (Taqdim dan Jama’ Ta’khir).
dengan perkataan lain, dibolehkan kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu Dhuhur atau waktu ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib atau ‘Isya. Dan Shalat Jama’ itu ada  (2) macam, yaitu Jama’ Taqdim dan Jama’ Ta’khir.

1.      Jama’ Taqdim.
Mengumpulkan dua waktu shalat yang dikerjakan pada waktu yang lebih awal. Apabila kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu Dhuhur,(waktu yang awal) atau Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib.

II. Jama’ Ta’khir.
Mengumpulkan dua waktu shalat yang dikerjakan pada waktu yang akhir. Apabila kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu ‘Ashar, atau Shalat Maghrib dan ‘Isha’ pada waktu ‘Isya’. Itulaj jamak takhir.

Shalat Yang boleh dijama’
Shalat yang beleh dijama’ itu ialah shalat Dhuhur dengan ‘Ashar dan Maghrib dengan ‘Isya’. Sedang ‘Ashar dengan Maghrib, ‘Isya’ dengan Shubuh  atau Shubuh dengan Dhuhur, tidak boleh dijama’
Yang mendapat rukhash (prioritas) untuk menjama’ shalat itu ialah :

1.      Orang yang dalam safar (perjalanan), yakni selama berada dalam suatu negeri tempat singgah yang tidak bermaksud akan tinggal menetap di situ.

2.      Orang yang dalam kesibukan, sekali pun tidak dalam safar.
Dalam keadaan demikian boleh mengerjakan jama’ ta’khir saja, dan hal seperti ini jarang sekali dikerjakan Rasulullah saw.

Kafiyat Shalat Jama’’
Untuk mengerjakan shalat jama’, baik jama’ taqdim maupun jama’ ta’khir seyogyanya dikerjakan menurut tertib waktu. Jadi shalat Dhuhur dikerjakan dahulu dari shalat ‘Ashar dan shalat Maghrib dikerjakan dahulu dari shalat ‘Isya’.
Disunnahkan  pula untuk shalat jama’ itu kita bacakan satu adzan dan dua iqamah; yaitu mula-mula kita bacakan adzan kemudian iqamah, sesudah antara kedua shalat kita bacakan iqamah sekali lagi.

2.      Shalat Qashar

QASHAR artinya RINGKAS  Maksudnya shalat yang empat raka’at  (dhuhur, ashar dan isya) cukup dikerjakan dua raka’at  saja.

Firman Allah:


وَاِذَا ضَرَبْتُمْ فِى الاَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الـصَّلاَة اِنْ خِفْتُمْ اَنْ يَفْتِنَكُمْ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا....

Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah berdosa kamu mengqashar shalat jika kamu takut diserang orang kafir ….. ( An-Nisa : 101)

Shalat Qashar, artinya shalat yang diringkaskan, yakni shalat yang (4) raka’at menjadi (2) raka’at. Dan yang dibolehkan mengqashar shalat itu hanyalah orang yang dalam safar saja, lain tidak.
Karena yang diringkaskan itu shalat yang raka’atnya empat seperti Dhuhur,’Ashar dan ‘Isya’, maka shalat Maghrib dan Shubuh tentulah tidak dapat diqashar.

Seperti halnya pada shalat Dhuhur an ‘Ashar biasanya, maka pada shalat qashar Dhuhur dan ‘Ashar itu bacaan Fatihah dan ayat-ayat Quran juga dibaca

3. Shalat Jama’ Qashar.
Sebagaimana keterangan yang terdahulu, bagi orang yang dalam safar, selain boleh menjama’ juga boleh mengqashar-nya.
Adapun pelaksanaannya sebagai berikut :
Shalat Dhuhur dua raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Ashar dua raka’at; dan bila dikerjakan pada waktu Dhuhur namanya “Jama’ qashar taqdim” sedangkan bila dikerjakan pada waktu ‘Ashar namanya “Jama’ qashar ta’khir”.
Shalat Maghrib tiga raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Isya’ dua raka’at; bila ikerjakannya paa waktu Maghrib namanya “Jama’ qashar taqdim” dan bila dikerjakan pada waktu ‘Isya’ namanya “Jama’ qashar ta’khir”  Untuk memudahkan ingatan tentang plaksanaan shalat jama’ qashar, dapatlah dirumuskan sebagai berikut :
D4   .  A4            M3   .  I4   dinamakan jama’ Taqdim
-------------dan------------
D………………..M
D4  .  A4              M3   .  I4   dinamakan Jama’ ta’khir  
……………dan………….
D………………..M
D2  .  A2              M3   .  I2   dinamakan jama’ qashar taqdim
……………dan………….
D………………..M
D2  .  A2              M3   .  I2   dinamakan jama’ qashar ta’khir.
…………...dan………….
A……………….I



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fiqih Tsanawiyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger