Shalat Jama' dan Qashar
1. Shalat Jama’
Jamak
artinya mengumpulkan, yaitu mengerjakan dua waktu shalat yang dilaksanakan pada
satu waktu. Jadi Shalat jama’ artinya shalat yang dikumpulkan, yakni
mengerjakan dua macam shalat (fardhu pada satu waktu).
Sabda
Rasulullah SAW.
عَنْ مُعَاذٍ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
كَانَ فِى غَزْ وَةِ تَبُوْكٍ اِذَارْتَحَلَ قَبْلَ اَنْ
تَزِيْغَ الشَّمْسُ اَخَّرَ
الظُّهْرَحَتَّى
يَجْمَعُهُمَا ِالَى اْلعَصْرِ يُصَلِّيَّهُمَا جَمِيْعًا
وَاِذَارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى ا لظُّهْرَ
وَالْعَصْرَ جَمِيْعًا ثُمَّ سَارَ,
وَكَانَ اِذَارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ
اَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ اْلِعِشَاءِ
وَاِذَارْ تَحَلَ بَعْـدَ
الْمَغْرِ بِ عَجَّلَ الْـعِشـَاءَ فَصَلاَّ هَا مَعَ الْمَغْـرِبِ
( رواه احمد وابو داود والترمذى
Artinya: Dari
Mua’z bahwasanya Nabi Muhammad SAW. Dalam perang tabuk apabila beliau berangkat
sebelum tergelincir matahari, beliau mengakhirkan shalat dhuhur sehingga beliau
kumpulkan pada shalat asar (shalat
dhuhur dan asar pada waktu shalat asar ), jika beliau berangkat sesudah
tergelincir matahari, beliau melaksanakan shalat dhuhur dan asar
sekaligus,kemudian beliau berjalan. Jika beliau berangkat sebelum Magrib,
beliau mengakhirkan shalat Magrib sehingga beliau mengerjakan shalat magrib
beserta Isya, dan jika beliau berangkat
sesudah waktu Magrib, beliau menyegerakan shalat Isya dan beliau shalat
Isya beserta shalat Magrib (HR.Ahmad dan
Abu Dawud dab at-Tirmidzi)
Berdasarkan
Hadits di atas, dibolehkan kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Asha pada waktu
Dhuhur atau pada waktu ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu
Maghrib atau waktu ‘Isya’. Dan shalat jama’ itu ada (2) macam, yaitu Jama’
(Taqdim dan Jama’ Ta’khir).
dengan
perkataan lain, dibolehkan kita mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu
Dhuhur atau waktu ‘Ashar. Begitu pula Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu
Maghrib atau ‘Isya. Dan Shalat Jama’ itu ada (2) macam, yaitu Jama’
Taqdim dan Jama’ Ta’khir.
1. Jama’ Taqdim.
Mengumpulkan
dua waktu shalat yang dikerjakan pada waktu yang lebih awal. Apabila kita
mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu Dhuhur,(waktu yang awal) atau
Shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada waktu Maghrib.
II. Jama’ Ta’khir.
Mengumpulkan
dua waktu shalat yang dikerjakan pada waktu yang akhir. Apabila kita
mengerjakan Shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada waktu ‘Ashar, atau Shalat Maghrib dan
‘Isha’ pada waktu ‘Isya’. Itulaj jamak takhir.
Shalat
Yang boleh dijama’
Shalat yang beleh dijama’ itu ialah
shalat Dhuhur dengan ‘Ashar dan Maghrib dengan ‘Isya’. Sedang ‘Ashar dengan
Maghrib, ‘Isya’ dengan Shubuh atau Shubuh dengan Dhuhur, tidak boleh
dijama’
Yang mendapat rukhash (prioritas)
untuk menjama’ shalat itu ialah :
1.
Orang
yang dalam safar (perjalanan), yakni selama berada dalam suatu negeri tempat
singgah yang tidak bermaksud akan tinggal menetap di situ.
2. Orang yang dalam kesibukan, sekali pun tidak dalam safar.
Dalam keadaan demikian boleh
mengerjakan jama’ ta’khir saja, dan hal seperti ini jarang sekali dikerjakan
Rasulullah saw.
Kafiyat
Shalat Jama’’
Untuk
mengerjakan shalat jama’, baik jama’ taqdim maupun jama’ ta’khir seyogyanya
dikerjakan menurut tertib waktu. Jadi shalat Dhuhur dikerjakan dahulu dari
shalat ‘Ashar dan shalat Maghrib dikerjakan dahulu dari shalat ‘Isya’.
Disunnahkan
pula untuk shalat jama’ itu kita bacakan satu adzan dan dua iqamah; yaitu
mula-mula kita bacakan adzan kemudian iqamah, sesudah antara kedua shalat kita
bacakan iqamah sekali lagi.
2.
Shalat Qashar
QASHAR artinya RINGKAS
Maksudnya shalat yang empat raka’at
(dhuhur, ashar dan isya) cukup dikerjakan dua raka’at saja.
Firman Allah:
وَاِذَا ضَرَبْتُمْ فِى الاَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ
اَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الـصَّلاَة اِنْ خِفْتُمْ اَنْ يَفْتِنَكُمْ الَّذِيْنَ
كَفَرُوْا....
Dan apabila kamu bepergian di muka
bumi, maka tidaklah berdosa kamu mengqashar shalat jika kamu takut diserang
orang kafir ….. ( An-Nisa : 101)
Shalat
Qashar, artinya shalat yang diringkaskan, yakni shalat yang (4) raka’at menjadi
(2) raka’at. Dan yang dibolehkan mengqashar shalat itu hanyalah orang
yang dalam safar saja, lain tidak.
Karena
yang diringkaskan itu shalat yang raka’atnya empat seperti Dhuhur,’Ashar dan
‘Isya’, maka shalat Maghrib dan Shubuh tentulah tidak dapat diqashar.
Seperti
halnya pada shalat Dhuhur an ‘Ashar biasanya, maka pada shalat qashar Dhuhur
dan ‘Ashar itu bacaan Fatihah dan ayat-ayat Quran juga dibaca
3.
Shalat Jama’ Qashar.
Sebagaimana
keterangan yang terdahulu, bagi orang yang dalam safar, selain boleh menjama’
juga boleh mengqashar-nya.
Adapun
pelaksanaannya sebagai berikut :
Shalat
Dhuhur dua raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Ashar dua
raka’at; dan bila dikerjakan pada waktu Dhuhur namanya “Jama’ qashar taqdim”
sedangkan bila dikerjakan pada waktu ‘Ashar namanya “Jama’ qashar ta’khir”.
Shalat
Maghrib tiga raka’at salam, kemudian dilanjutkan dengan shalat ‘Isya’ dua
raka’at; bila ikerjakannya paa waktu Maghrib namanya “Jama’ qashar taqdim” dan
bila dikerjakan pada waktu ‘Isya’ namanya “Jama’ qashar ta’khir” Untuk
memudahkan ingatan tentang plaksanaan shalat jama’ qashar, dapatlah dirumuskan
sebagai berikut :
D4 .
A4
M3 . I4 dinamakan jama’ Taqdim
-------------dan------------
D………………..M
D4 .
A4
M3 . I4
dinamakan Jama’ ta’khir
……………dan………….
D………………..M
D2 .
A2
M3 . I2 dinamakan jama’ qashar taqdim
……………dan………….
D………………..M
D2 .
A2
M3 . I2 dinamakan jama’ qashar ta’khir.
…………...dan………….
A……………….I
Posting Komentar