PETUAH

 D. DJUMRONI
PESANTREN SABTU - AHAD (PETUAH)
Adalah salah satu bagian dari kegiatan yang ada di MTs Negeri 1 Kota Serang, dilaksanakan sejak tahun 1993. Bermula diadakan dilatar belakangi oleh banyaknya murid MTsN Serang yang belum bisa membaca al-Quran, padahal orang tua menyekolahkan ke MTs mempunyai keinginan agar anaknya pandai membaca al-Quran. Kenyataannya banyak sekolah/madrasah kurang respon akan hal ini.
Tahun-tahun awal kegiatan Petuah hanya diperuntukkan bagi mereka yang masih kesulitan belajar al-Quan  yang diakibatkan oleh  berbagai faktor. Seperti; di lingkungan tempat tinggalnya tidak ada guru mengaji, atau ada guru/ust. tapi mengajar dengan metode lama, sehingga anak kesulitan, ada ustad tapi muridnya banyak, sehingga mengantrinya satu jam bahkan bisa lebih tapi mengajinya hanya lima menit. juga banyak faktor lain yang menambah anak menjadi malas.Berangkat dari kenyataan ini kami berinisitifuntuk mengadakan pelajaran tambahan khusus al-Quran, lalu kami sebut dengan istilah PBHQ (Pemberantasan Buta Huruf al-Quran) ini dilakukan sore hari, lalu ditingkatkan dengan acara nginap seperti Persami dalam kegiatan Pramuka. Kemudian karena bermalamnya di sekolah setiap malam ahad, maka disebutlah PETUAH.

Kini petuah sudah semakin maju karena tidak lagi program pribadi, melainkan  termasuk program Madrasah dan ditangani oleh 3 orang ustadz/ustadzah dengan jadwal kegiatan :
1. Shalat Berjamaah
2. Dzikir dan Do'a (dipimpin oleh santri)
3. Kultum; memberikan motivasi dan sentuhan akhlaqul karimah.
4. Hafalan ; bacaan shalat, dzikir dan do'a, do'a-do'a harian, Juz Amma dan ayat-ayat pilihan.
5. Tilawah; belajar qiroah
6. Shalat Tahajud
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

22 Mei 2013 07.54

Assalamu'alaikum...
bapak minta data dan fotonya ya :)

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fiqih Tsanawiyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger